The Real Adventure 'n Scout 'n roll

Beranda » NEWS INFO » PERESMIAN GUDEP TERITORIAL 02071 – 02072 KODIM 0734 YOGYAKARTA

PERESMIAN GUDEP TERITORIAL 02071 – 02072 KODIM 0734 YOGYAKARTA

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 6 pengikut lainnya

My Tweet

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.


YOGYA (KR) – Letkol Inf A Setya Hari dilantik sebagai Ketua Majelis Pembina Gugus Depan Teritorial Yogya 02071-02072 Pangkalan Makodim 0734/Yka oleh Ketua Kwarcab 1205 Yogyakarta Drs Hardono di halaman Makodim setempat, Kamis (3/4). Setelah dilantik, Komandan Kodim 0734/Yka itu giliran melantik para pembina dari Gudep Teritorial di jajarannya.
Upacara pelantikan diikuti anggota Pramuka baik yang berasal dari Kodim maupun dari luar yang mendapatkan pembinaan dari institusi militer tersebut. Sementara ini, anggota dari luar yang terdaftar sebanyak 41 putra serta 40 putri yang pada waktu mendatang akan semakin banyak lagi.
Letkol Inf A Setya Hari menyebutkan, pembentukan Gudep Teritorial ini merupakan pemberdayaan wilayah pertahanan yang diarahkan untuk meningkatkan kualitas generasi muda dalam menghadapi tantangan dan ancaman terhadap eksistensinya sebagai penerus bangsa sehingga dapat memberi bekal bagi kehidupan dan pengabdiannya kepada masyarakat, bangsa dan negara sesuai aspirasi pemuda dan tuntutan perkembangan pembangunan dalam peningkatan ketahanan nasional. Usaha pembinaan serta pendidikan bela negara dan kepramukaan antara Kodim 0734/Yka dengan Kwarcab 1205 merupakan awal dari dimulainya era baru keikutsertaan TNI-AD secara aplikatif dan inovatif dalam pemberdayaan wilayah pertahanan di darat. Korelasi dari pemberdayaan dengan pembinaan kepramukaan adalah membentuk dan membangun satuan Pramuka yang peduli terhadap pembinaan dan pengembangan SDM kaum muda melalui kepramukaan di wilayah Kota Yogyakarta.

Seorang pembina menyebutkan, anggota dari Gudep Teritorial ini mendapatkan pembinaan yang berbeda dengan di Gudep asal. Antara lain pembinaan navigasi darat (ilmu medan), tali-temali (pioner), mounteneering dan survival, sehingga memiliki nilai tambah. Sebagai contoh dalam survival, anggota dilatih mengenal tumbuh-tumbuhan yang bisa dimakan dalam keadaan darurat. “Misalnya dalam kondisi tertentu tak ada makanan, kita bisa memakan tumbuh-tumbuhan untuk mempertahankan hidup. Kalau kambing memakan tumbuhan tak mati, berarti kita bisa memakannya juga,” kata pembina tersebut memberi contoh.

 

Bagi rekan – rekan yang sudah tidak mempunyai gugus depan, bisa bergabung dengan gudep teritorial 02071 – 02072 Pangkalan Makodim 0734 ( Utara SMKN 2 Jogja ) dengan mendaftarkan diri di Koramil – koramil, Kwarcab Jogja, atau langsung ke Makodim 0734.


1 Komentar

  1. Ullah mengatakan:

    Semoga dengan terbentuknya pramuka yang berpangkalan di Gudep Kodim dan Koramil-Koramil menjadi motipasi dalam pembinaan anak-anak bangsa ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

RSS Produk Terbaru Baju Hamil

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS info-teknologi.com

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Live Traffic

asal kalian

ip-location IP

%d blogger menyukai ini: