The Real Adventure 'n Scout 'n roll

Beranda » ADVENTURE » Pendakian Merbabu

Pendakian Merbabu

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 6 pengikut lainnya

My Tweet

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.


Hari Sabtu 12 April 2008, Aku dan 3 temenku melakukan kegiatan yang banyak orang mulai menyukainya yaitu mendaki gunung. Gunung yang didaki kali ini adalah Merbabu. Gunung ini terletak di Kabupaten Magelang Jawa Tengah. Kami berangkat dari jogja pukul 17.00 WIB dengan Menggunakan dua buah motor. Dengan di guyur hujan yang lumayan deras kami menjelajahi jalan menuju Magelang. Sampai di Magelang,hujan sudah agak reda cuma gerimis – gerimis kecil. Kami terus saja berjalan menuju Daerah Wekas ( sebelah selatan Kopeng ).

Image Hosted by ImageShack.us

By vachmee, shot with CANON POWERSHOT A620 ZOOM DIGITAL CAMERA at 2008-04-14

Jam 7 kami sudah sampai di gerbang pendakian Merbabu di Wekas. Di situ kami memperlengkapi bekal yang belum sempet terbawa dari jogja. Setelah itu kita Naik menuju Base Camp pendakian yang terletak di Desa terakhir di lereng Gunung Merbabu. Sampai di base camp sekitar perjalanan satu jam, kami langsung laporan kepada petugas yang mendata para pendaki. Setelah itu kami menyiapkan makan dan sedikit beristirahat untuk persiapan pendakian. Sekitar Pukul 22.00 Kami mulai mendaki Merbabu. Dengan dingin yang luar biasa kami tetap bertahan untuk menahlukkan gunung ini. Track Perjalanan ini dimulai dengan melewati sawah petani trus masuk ke hutan pinus. Setelah perjalanan tiga jam atau sekitar pukul 01.00 kami sampai di Pos Transit ( Pos 2 ) Gunung merbabu. Disana ternyata sudah ada beberapa kelompok pendaki yang membangun doom. Kami lalu bergegas menyiapkan tempat perlindungan dari dinginnya merbabu. Tidak lupa juga kami menyiapkan Makan karena kami juga sudah kelaparan. Setelah perut dirasa kenyang kami langsung beristirahat. Keinginan kami semula ingin sampai puncak sebelum sunrise. Tapi dalam keadaan yang sangat – sangat dingin itu kami pending dulu untuk melanjutkan pendakian. Setelah istirahat ( tidur ) kami membuat makan lagi. Habis itu kami persiapan untuk mendaki kembali. Pukul 07.00 WIB kita melanjutkan pendakian. Track kali ini sudah mulai menanjak dengan tanah yang licin. Pukul 09.00 WIB kami sampai di persimpangan antara ke puncak Menara dan Puncak Syarif serta Klenteng. Disana kami berfoto – foto terlebih dahulu dengan bule yang juga mendaki merbabu.

Image Hosted by ImageShack.us

By vachmee, shot with CANON POWERSHOT A620 ZOOM DIGITAL CAMERA at 2008-04-14

Setelah itu kita melanjutkan perjalan menuju puncak tertinggi Merbabu. Medan kali ini sudah mulai berbatu yang juga mudah longsor. Di samping kanan dan kiri terdapat jurang yang lumayan dalam kalau kita terperosok. Pukul 09.45 kami sampai di pertigaan yang menuju ke puncak Syarif dan puncak Klenteng. Kami putuskan mendaki ke Puncak Klenteng yang merupakan puncak tertinggi diantara 3 puncak yang ada di merbabu.

Image Hosted by ImageShack.us

Perajalanan menuju ke Puncak tertinggi sekitar 20 menit, dengan jalan yang hampir vertikal dan harus berhati – hati karena harus manjat tebing yang juga mudah sekali longsor. Sampai di Puncak kami lalu berfoto – foto. Disana Kami berteriak keras sekali D mengungkapkan kegembiraan sampaiu di puncak tertinggi di merbabu. Sekitar Pukul 11.45 Kami memutuskan untuk turun karena kabut semakin tebal menutupi pandangan kami. Sampai di Pos transit kami langsung berbenah untuk packin dan membongkar doom yang senganja kita tinggalkan ke puncak tadi. tepat pukul 14.00 kami mulai turun dengan kabut yang semakin tebal dan jarak pandang yang minim. Pukul 16.00 kami sampai di base camp pendakian di perkampungan penduduk. Setelah bersih – bersih kami langsung pamitan untuk pulang. Tidak disangka ban motorku kempes karena bocor. Tambah lagi ujian kami karena didaerah situ tidak ada tambal ban. terpaksa Kami harus berjalan sambil menunutun motor menuju gerbang yang jarak nya sekitar 3 KM. Kami putuskan ke 2 teman kami pulang duluan karena sudah terlalu malam. Sampai di Gerbang Alhamdulilah masih ada tukang tambal ban. Selesai menambal kita langsung pulang. Sampai di Jogja sekitar puluk 20.00 WIB. Itulah cerita pendakian Aku kemaren ke merbabu. Kalau temen – temen punya rencana mendaki, ajak – ajak aku ya……

Image Hosted by ImageShack.us
By vachmee, shot with CANON POWERSHOT A620 ZOOM DIGITAL CAMERA at 2008-04-14


10 Komentar

  1. norma mengatakan:

    ada yang mau ke sana lagi????

  2. nank_blue mengatakan:

    i must go there…

  3. egg mengatakan:

    wah,,, rencana habis pemilu mau naik merbabu nih aku,,

    selain jalan wekas ada jalan lain kah??

    vachmee : Ada… Ada jalur Kopeng, selo juga bisa…. Met ndaki aja besok.. ati2..🙂

  4. r_bindar mengatakan:

    wach, jd pengen muncak ke merbabu lg ni…!

  5. hendrie mengatakan:

    pngen donk ikut mncak bareng2….
    pngen dr jalur laen..
    biasanya kl merbabu dr jalur kopeng

  6. hendrie mengatakan:

    hebat mas……………………….

  7. Must Mbing mengatakan:

    Merbabu adalah hanya salah satu tujuan pendakian di magelang. tapi jangan lupa magelang juga masih banyak menyimpan keindahan alam laiinnya lho…. pingin tau?

  8. Rere mengatakan:

    kalo bisa adain lg mendaki merbabu dlm waktu dekat, aku mau ikut. pliss bgt…contact aku di bunga_lembah@yahoo.co.id ato 0813 1474 6014.
    taon 2005 udh naek lawu, skrg pengen bgt ke merbabu tp gak ad yg ajakin…
    Salam Lestari deh!

  9. Bagus mengatakan:

    pengen banget uh kesono,, kapan ya,,??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

RSS Produk Terbaru Baju Hamil

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS info-teknologi.com

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Live Traffic

asal kalian

ip-location IP

%d blogger menyukai ini: