The Real Adventure 'n Scout 'n roll

Beranda » TUGAS KULIAH » Tugas PTI (Pengantar Teknologi Informasi)

Tugas PTI (Pengantar Teknologi Informasi)

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 6 pengikut lainnya


BAB : ALAT OUTPUT

SUB BAB : SOFT COPY DEVICE

Soft copy device adalah alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan yang berupa kata, angka, karakter dan symbol – symbol dan juga untuk menampilkan image ( gambar atau grafik ) pada media soft yang merupakan sinyal elektronik. Yang termasuk dalam soft copy device antara lain video display, flat panel display dan speaker. Disini saya akan membahas salah satu dari alat tersebut yaitu video display.

VIDEO DISPLAY

Video display yaitu layar penampil yang berupa tabung katoda yang lebih dikenal dengan nama CRT atau Cathode Ray Tube atau juga VDT ( Visual Display Terminal ). Monitor adalah salah contoh dari video display yang sering kita pakai. Monitor CRT merupakan monitor yang mempunyai tabung yang memproduksi elektron untuk menembak layar, sehingga tercipta gambar di layar seperti cara kerja di televisi.

Video display dapat digolongkan dalam beberapa golongan. Di lihat dari bentuknya dapat digolongkan ke dalam alphanumeric display dan graphic display , Dipandang dari warna yang dapat di tampilkan digolongkan dalam monochrome display dan color display.

  • Alphanumeric Display

Contoh Alphanumeric Display” cannot be displayed, because it contains errors.

Display jenis ini digunakan untuk menampilkan teks karakter yang berupa huruf, angka, dan karakter khusus yang lain. Layar dari display ini di bagi dalam beberapa baris dan kolom. Tiap – tiap sel dari baris dan kolom terdiri dari beberapa pixel yang membentuk matrix untuk masing-masing karakter.

  • Graphic Display

Display ini dapat menampilkan grafik maupun gambar. Grafik atau gambar ini banyak dipergunakan dalam berbagai macam aplikasi. Sekarang ini hampir semua computer di lengkapi dengan graphic display untuk mendukung kebutuhan penggunaan gambar atau grafik. Selain untuk menampilkan grafik atau gambar, bisa juga menampilkan teks karakter seperti Alphanumeric Display. Graphic display dapat menampilkan gambar atau grafik dalam beberapa macam resolusi yaitu resolusi menengah dan resolusi tinggi. Untuk resolusi menengah jumlah pixel di layar adaalah baris mendatar sebanyak 200 titik dan vertical sebanyak 320 titik. Untuk resolusi tinggi, jumlah titik mendatarnya sebanyak 200 titik dan vertical sebanyak 640 titik. Hal ini yang membuat tampilan grafik lebih bagus karena jumlah pixel yang lebih besar sehingga grafik terlihat baik.

  • Monochrome Display

Adalah jenis display yang hanya menggunakan satu warna saja. Warna yang biasa digunakan untuk jenis layar ini adalah hijau phosphor dan orange. Kelebihan dari display ini adalah dalam membentuk suatu karakter akan terlihat lebih rapat karena banyak pixel yang digunakan untuk membentuk karakter tersebut. Kekurangannya karena hanya menggunakan satu warna sehingga tidak dapat menampilkan grafik atau gambar dan terlihat monoton.

  • Color Display

Contoh Monitor Color display

Display ini menggunakan tiga sinar electron yang nantinya di pantulkan untuk membentuk suatu tampilan dalam layar. Sinar tersebut berwana merah, hijau dan biru atau yang lebih sering di sebut sinar RGB ( red, green, blue ). Sekarang ini color display dapat menghasilkan tampilan grafik atau gambar yang berwarna-warna, sehingga color display juga merupakan graphic display.

  • Computer Display Projector

 Epson PowerLite S1 LCD projector review

Layar dari video ukurannya sangat terbatas sehingga tidak terlihat tampilannya dari jarak jauh. Untuk itu diperlukan sebuah Computer Display Projector atau yang saat ini lebih di kenal dengan sebutan LCD Projector. Display ini sering digunakan dalam acara – acara seperti rapat, seminar, siding atau training dan masih banyak lagi yang membutuhkna suatu display dengan ukuran yang besar sampai dengan 4 x 4 Meter atau untuk saat ini ada yang lebih besar dari itu. Saat ini sangat banyak perusahaan – perusahaan yang memproduksi Computer Display Projector ini dengan keunggulan masing – masing. Dengan dipadukan dengan wireless, projector dapat di gunakan Cuma dengan menekan remote yang disertakan dalam produk tersebut.

Demikian pembahasan masalah video display untuk tugas mata kuliah Pengantar Teknologi Informasi. Semoga juga bermanfaat untuk rekan – rekan yang laen.

SUMBER: Jogiyanto, Pengenalan Komputer, Yogyakarta, Andi Offset, 1999


FAHMI ISTANTO

12080570

STMIK EL RAHMA YOGYAKARTA


1 Komentar

  1. Pasa Firaya, ST mengatakan:

    Berkunjung dan baca infonya, mudah-mudahan bermanfaat bagi banyak orang, sukses ya.
    I Like Relationship.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

RSS Produk Terbaru Baju Hamil

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS info-teknologi.com

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Live Traffic

asal kalian

ip-location IP

%d blogger menyukai ini: