The Real Adventure 'n Scout 'n roll

Beranda » TUGAS KULIAH » Tugas PTI : Perkembangan Software Aplikasi

Tugas PTI : Perkembangan Software Aplikasi

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 6 pengikut lainnya

My Tweet


Tugas PTI : Sejarah dan Perkembangan Adobe Photoshop

Adobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop, adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar, dan, bersama Adobe Acrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems. Versi kedelapan aplikasi ini disebut dengan nama Photoshop CS, versi sembilan disebut Photoshop CS2 dan terakhir ini adalah Adobe Photoshop CS3 (Creative Suite).

Photoshop tersedia untuk Microsoft Windows, Mac OS X, dan Mac OS; versi 9 ke atas juga dapat digunakan oleh sistem operasi lain seperti Linux dengan bantuan perangkat lunak tertentu seperti CrossOver.

Sebelumnya, Photoshop adalah software yang dikembangkan oleh Adobe Inc. Awalnya hanya sebuah aplikasi editing gambar sederhana yang biasa dipakai untuk usaha percetakan. Tapi ia juga memperolah predikat sebagai aplikasi untuk membuat dan mendesain halaman web. Inilah alasan lain mengapa ia bisa menjadi sangat dikenal. Kelahiran aplikasi ini bermula dari dua bersaudara, Thomas Knoll dan John Knoll yang memulai mengembangkannya pada 1987. Pada tahun 1989 mereka telah berhasil merampungkan proyek yang disebut Photoshop 1.0. Adobe tertarik dengan proyek tersebut hingga akhirnya Photoshop rilis pertama yang hanya seukuran disket pada tahun 1990. Pada saat itu Photoshop dibuat untuk dapat bekerja pada platform MacOS.

http://photoshopnews.com/wp-userdata/jknoll.jpg” cannot be displayed, because it contains errors. http://photoshopnews.com/wp-userdata/tknoll.jpg” cannot be displayed, because it contains errors.

Thomas dan John Knoll

File Format

Photoshop memiliki kemampuan untuk membaca dan menulis gambar berformat raster dan vektor seperti .png, .gif, .jpeg, dan lain-lain. Photoshop juga memiliki beberapa format file khas:

  • .PSD (Photoshop Document) format yang menyimpan gambar dalam bentuk layer, termasuk teks, mask, opacity, blend mode, channel warna, channel alpha, clipping paths, dan setting duotone. Kepopuleran photoshop membuat format file ini digunakan secara luas, sehingga memaksa programer program penyunting gambar lainnya menambahkan kemampuan untuk membaca format PSD dalam perangkat lunak mereka.
  • .PSB’ adalah versi terbaru dari PSD yang didesain untuk file yang berukuran lebih dari 2 GB
  • .PDD adalah versi lain dari PSD yang hanya dapat mendukung fitur perangkat lunak PhotshopDeluxe.

Adobe Photoshop 1.0. Dirilis pada bulan Februari 1990 untuk Sistem Operasi Macintosh.

http://www.guidebookgallery.org/pics/splashes/photoshop/1.0.7-mac.png” cannot be displayed, because it contains errors.

Adobe Photoshop 2.0. Dirilis pada Juni 1991 masih untuk Mac. Fitur utamanya adalah pengenalan Paths. Pada januari 1992 versi 2.0.1 akhirnya menysul pula yang diikuti lagi oleh versi 2.5 yang mau jalan di Windows di akhir November tahun yang sama. Selang setahun kemudian pengguna IRIX dan Solaris juga sudah dapat kesempatan untuk mencicipinya.

Adobe Photoshop 3.0. Dirilis pada bulan September ‘94 untuk Mac. Pada bulan November versi untuk OS yang lainnya juga menyusul. Jurus baru andalannya adalah Layer dan Palet yang dimunculkan dalam bentuk tab.

Kali pertama bisa dirilis bersamaan antara Win dan Mac adalah pada rilis 4.0 di bulan November 1996 sudah mulai dikenalkan dengan Adjusment Layer dan Action. Dan pada bulan Agustus 1997, versi 4.0.1 juga dirilis.

Bulan Mei 1998, saat negeri ini memanas karena banyaknya orang bakar-bakaran jenggot, versi 5.0 dari Photoshop dirilis. Hal baru yang ditanamkan dalam aplikasi ini adalah Palette History, yang memungkinkan kita untuk membatalkan banyak aksi sekaligus. Magnetik Lasso Tool juga disertakan untuk mendukung Type tool. Tahun 1999 versi 5.5 yang sudah dibundel dengan Image Ready dan Extract tool kali pertamanya dirilis.

Adobe Photoshop 6.0. Dirilis pada bulan September 2000 pada versi ini terjadi perombakan user interface yang cukup signifikan. Fitur Filter dan Vektor Shapes juga sudah mulai ditambahkan. Di kemudian hari, Maret 2001, Photoshop lagi-lagi diupdet ke versi 6.0.1

Adobe Photoshop 7.0 (yang paling sering aku pake’ nih )). Maret 2002 versi ketujuh ini dirilis. Hadir dengan perkembangan yang lebih jauh lagi, Type tool sekarang telah sepenuhnya dianggap sebagai vektor. Di lain sisi, Healing brush juga ikut ditambahkan. Agustus 2002 versi 7.0.1 dimunculkan dengan banderol harga $99 ini merupakan perkenalan yang sangat penting bagi plug-in Camera RAW 1.x. Camera RAW 1.x dikembangkan oleh Thomas Knoll yang mengijinkan pengguna membaca format RAW (kasar) dari kamera digital dan langsung mengimpor ke Photoshop.

Adobe Photoshop 8.0, atau yang lebih dikenal dengan Photoshop CS dirilis pada bulan Oktober 2003 Plug-in Camera RAW telah meningkat ke versi 2.0, begitu juga dengan fitur slice yang mengalami perkembangan besar. Perintah Shadow\Highlight dan Match Color juga ditambahkan. Filter Lens Blur dan Smart Guides dimasukkan pula dengan apiknya. Histogram pun sekarang bekerja secara real time. Di awal dari versi 8.0 Photoshop memperkenalkan diri sebagai Adobe Photoshop CS. Maksud CS adalah bahwa sekarang beberapa aplikasi telah dimasukkan dalam satu paket software, Adobe Creative Suite. Beberapa produk seperti Adobe Illustrator, Adobe InDesign, Adobe GoLive, Adobe Acrobat Professional, Version Cue, Adobe Bridge, Adobe Stock Photos dan Dreamveaver 8 (setelah dibeli dari Macromedia) telah diikutsertakan. Satu hal lagi yang ikut menyertainya adalah, logo mata kini telah berganti menjadi bulu ayam D

Adobe Photoshop 9.0, atau yang juga dikenal sebagai Adobe Photoshop CS2, dirilis pada bulan April 2005, Plug-in Camera RAW pada rilis ini telah berada pada versi 3.x. Smart Object dan fitur-fitur lain seperti Image Warp, Lens Correction, Smart Sharpen, Vanishing Point. New Spot healing brush dan Red-Eye tools juga diperkenalkan. Layer editing juga dikembangkan lagi

Di tahun 2007 ini, Adobe Corporation meluncurkan kembali program Adobe Photoshop teranyar dengan label Adobe Photoshop CS3. Dalam bundel Adobe Photoshop Creative Suite 3 tersebut, mereka tidak hanya satu program Adobe Photoshop saja melainkan dua pilihan yaitu Adobe Photoshop CS3 dan Adobe Photoshop CS3 Extended. Kita mungkin bertanya, mengapa mereka memberikan dua pilihan? Dimana letak perbedaannya? Apa keunggulannya dibandingkan dengan versi sebelumnya? Yach… mungkin banyak pertanyaan seputar fenomena tersebut.

Setelah saya membaca artikel di situs resmi Adobe, saya sangat tertarik dengan hadirnya Adobe Photoshop CS3. Pada dasarnya keduanya masih dalam satu keluarga Photoshop (Photoshop Family). Dari artikel tersebut dapat disimpulkan bahwa hadirnya Adobe Photoshop CS3 memang ditujukan bagi insan profesional sesuai bidangnya masing-masing, mulai dari fotografer, desainer web, hingga penyedia layanan cetak (printing). Adobe Photoshop CS3:

Adobe Photoshop CS3 memuat semua fitur yang Anda sukai dalam Photoshop CS2, jadi semua fitur yang ada pada versi sebelumnya tidak akan hilang. Adobe Photoshop CS3 mempercepat kurva (path) dari imajinasi untuk image. Adobe Photoshop CS3 ini sangat ideal untuk fotografer, desainer, dan standar profesional seperti perataan layer secara otomatis dan teknik pencampuran komposisi secara Ideal untuk:

– Fotografer (fotographer)

– Perancang Grafik (graphic designer)

– Perancang Web (web designer)

– Penyedia layanan cetak (print service provider)

Adobe Photoshop CS3 Extended:

Program ini merupakan keluarga terbaru dari Family Photoshop. Adobe Photoshop CS3 membawa dalam Photoshop CS3 dan hal lainnya. Menyertakan gambar 3D ke dalam komposisi 2D anda. Efisiensi waktu dan dengan mudah dapat mengedit gerakan grafik pada layer video. Dan memeriksa gambar Anda dengan ukuran, analisa, dan visualisasi tools. Ideal untuk:

– Pengolah film, video, dan multimedia secara profesional

– Grafik dan merancang web menggunakan gerakan secara 3D

– Profesional pengembang

– Profesional bidang kedokteran

– Arsitektur

– Penelitian Dengan melihat kelebihan fitur-fitur yang ditawarkan, kita bisa membuat gambar secara 3D. Jadi kita tidak

perlu lagi menginstal program 3D lainnya. Cukup menggunakan Adobe Photoshop CS3 Extended

Dan pada tahun 2008 ini adobe merislis Adobe Photosop CS4

Ada beberapa perangkat lunak yang dapat digunakan sebagai ganti Photoshop, yang paling terkenal adalah Coler Photo-Paint (sepaket dengan CorelDRAW, Corel Painter, Corel Paint Shop Pro Photo XI dan Ulead PhotoImpact. Perangkat lunak lainnya termasuk Helicon Filter, GIMP, openCanvas, Paint.NET, dan Pixel image editor.


2 Komentar

  1. puspa mengatakan:

    makaciy yaw ,,,,,,,,,,,,,,,, lumayan bisa bantuin kerjain tga ukuh,,,heu,,,,,,,,,,

  2. tina mengatakan:

    halo, blh in….
    eh, mau donk di bagi, data2 ttg perkembangan software pngolh gmbar ke email aku, bt data kul….
    tlong krim k : e-mail tinadeni89@gmail.com
    thnkss…….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

RSS Produk Terbaru Baju Hamil

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS info-teknologi.com

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Live Traffic

asal kalian

ip-location IP

%d blogger menyukai ini: