The Real Adventure 'n Scout 'n roll

Beranda » TEKNOLOGI » Detail Perombakan WMP 12

Detail Perombakan WMP 12

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 6 pengikut lainnya

My Tweet


Walaupun banyak aplikasi buatan Microsoft yang sebelumnya dibundel ke dalam sistem operasi Windows akan didistribusikan secara terpisah, ternyata Windows Media Player menjadi salah satu aplikasi yang tetap dibawa bersama Windows versi selanjutnya. WMP versi 12 akan dibundel ke dalam Windows 7 dengan fitur-fitur baru dan peningkatan kualitas yang signifikan, sehingga WMP tetap menjadi pilihan utama para pengguna Windows.

Tampilan

Tampilan antar muka WMP12 lebih cerah dan minimalis dibandingkan WMP11. Beberapa tombol dan ikon di toolbar telah dihilangkan beberapa, tetapi pengalaman pemakaian tidak akan jauh berbeda dengan versi 11. Perubahan besar yang terjadi adalah dihilangkannya tombol Now Playing yang jika diklik akan menampilkan daftar playlist yang sedang dimainkan.

WMP12 memisahkan manajemen library dengan file yang sedang diputar dengan membuat dua jendela terpisah: jendela Now Playing dan jendela Library. Jendela Library berisikan semua fitur-fitur untuk mengelola file-file multimedia yang ada di komputer, sama seperti WMP11 sedangkan jendela Now Playing memuat daftar playlist audio, visualisasi dan video yang sedang diputar.


Jendela Library


Jendela Now Playing yang sedang memutar video


Jendela Now Playing dengan tombol-tombol kontrol yang muncul secara otomatis saat kursor diarahkan ke jendela


Jendela Now Playing dengan daftar playlist yang sedang dimainkan, album art beserta tombol kontrol.


Jendela Now Playing yang menampilkan animasi visualisasi.

Di WMP 12 terdapat pula taskbar mini viewer baru yang khusus berjalan pada taskbar baru di Windows 7 dan dukungan untuk Jump Lists yang dapat menampilkan fungsi-fungsi spesifik dari ikon taskbar WMP 12.


Taskbar Mini Viewer


Jump List di WMP 12 dengan pilihan fungsi spesifik.

Terlepas dari pemisahan jendela Library dan Now Playing, WMP12 tetap memiliki sistem pengoperasian dasar yang sama seperti di versi 11. Terdapat sebagian kecil penambahan, seperti automatic previewing (saat kursor berada di salah satu daftar lagu secara otomatis 15 detik awal dari lagu tersebut akan dijalankan) dan Library view sekarang bisa menampilkan semua tipe file media secara serempak, di mana WMP11 hanya dapat menampilkan audio atau video atau TV atau gambar secara terpisah.


Audio preview selama 15 detik.

Dukungan Codec

Hal yang menyebalkan pada sebagian besar aplikasi media player adalah ketersediaan codec yang terbatas, dan WMP termasuk salah satu di antaranya. Sering kali saat kita ingin memutar suatu file multimedia dengan WMP yang tidak memiliki codec yang cocok, WMP akan mencoba untuk mendeteksi codec yang dibutuhkan dan secara otomatis memberikan lokasi untuk mengunduhnya, tetapi seringkali fitur ini gagal mendeteksi codec dengan benar atau gagal menemukan lokasi untuk mengunduh codec tersebut. Tentu saja hal ini akan menyulitkan dan memakan waktu Anda yang hanya ingin memutar file media dengan segera.

Di Windows 7 Developer Guide disampaikan informasi tentang dukungan codec WMP12. Format yang didukung di WMP12 termasuk codec untuk H.264 video, AAC audio, MJPEG, MP4, 3GP, AVI, Xvid dan DivX video berikut semua format yang sebelumya sudah didukung WMP11 di Vista (MPEG2, WMV, WMA, MP3, dan lain-lain). Dan sebagai tambahan paket sumber DirectShow terbaru yang menjembatani antara DirectShow dengan Media Foundation (Microsoft). Jadi, WMP12 dapat menjalankan format media yang sudah usang yang sudah tidak didukung lagi oleh Media Foundation. Dengan semua codec tersebut, Microsoft ingin agar WMP dapat mendukung sebagian besar format file multimedia yang dapat ditemui di internet.

Presentasi Power Point di atas diambil dari acara WinHec 2008 dan menjelaskan secara mendalam tentang apa yang akan ditawarkan pada WMP12 di Windows 7.

Streaming Melalui Jaringan

Bagian dari WMP12 yang paling banyak ditingkatkan adalah tentang bagaimana aplikasi ini dapat menggunakan sumber daya jaringan. WMP11 telah memiliki kemampuan untuk mengakses daftar file multimedia dari PC pengguna lain di jaringan lokal, selama mereka mengunakan WMP juga. Di WMP12 kemampuan tersebut diperluas lagi jadi tidak hanya dapat mengakses playlist WMP, tetapi juga iTunes. Dengan dukungan format yang sudah disebutkan di atas (H.264 dan AAC), WMP12 dapat memutar sebagian besar file media di iTunes. Dikatakan sebagian besar karena pihak Apple tidak memberikan lisensi FairPlay DRM kepada pihak ketiga, jadi WMP tidak dapat menjalankan file dari toko iTunes yang diproteksi dengan DRM tersebut.

Tidak hanya itu saja, WMP12 juga memungkinkan pengguna untuk memutar file audio dan video di WMP12 dari perangkat lain, sebuah fitur yang dinamakan “Play To.” WMP12 dapat mengirimkan multimedia ke komputer lain dalam satu HomeGroup dalam proses streaming, jadi Anda dapat mengakses pustaka di laptop tetapi menjalankannya pada HTPC (Home Theater Personal Computer) yang terhubung dengan perangkat sound system.


Pengaturan Streaming

Seperti halnya melakukan streaming ke PC melalui jaringan, WMP12 juga dapat mengendalikan perangkat yang termasuk dalam Digital Living Network Alliance v1.5. Ini adalah perangkat jaringan dengan kemampuan untuk menjalankan audio dan/ atau video (misal: musik box dengan kemampuan WiFi), jadi skenarionya sama saja dengan streaming ke HTPC. Nantinya setiap perangkat yang sedang berjalan akan menampilkan playlist dan pengaturan lain melalui layar kecil pada perangkat.


Tampilan kontrol untuk perangkat jaringan

Jika sebuah perangkat tidak dapat mendukung format yang disalurkan (streaming), WMP12 akan mendeteksinya dan secara otomatis melakukan konversi secara langsung ke format yang umum.

WMP12 memang memiliki banyak kemiripan dengan WMP11, tetapi fitur-fiturnya sudah banyak dikembangkan. Daripada terus-terusan menyangkal kesuksesan iTunes dan banyaknya penggunaan format multimedia non-Microsoft, Microsoft akhirnya menyadari realita tersebut dan berusaha membuat WMP agar dapat bekerja sebaik mungkin. Diharapkan dari sikap tersebut akan dihasilkan aplikasi multimedia yang terbaik daripada versi-versi sebelumnya dan bahkan dapat bersaing dengan aplikasi sejenis di pasaran saat ini. (ArsTechnica)

From udaramaya.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

RSS Produk Terbaru Baju Hamil

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS info-teknologi.com

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Live Traffic

asal kalian

ip-location IP

%d blogger menyukai ini: